PROFIL PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN (PSMMP FKIP UNMUL)

Program Studi Magister Manajemen pendidikan (PS-MMP) berdiri berdasarkan Piagam Kerjasama antara Universitas Mulawarman dengan Universitas Negeri Jakarta 1050/PT26.H./G/2000 dan Nomor 6899/J17/OT/2000. Dalam perjalanan penyelenggaraannya, program studi ini berubah nama menjadi Program Studi Magister Administrasi Pendidikan berdasarkan surat perpanjangan Ulang Ijin Penyelenggaraan  Program Studi Administrasi Pendidikan Strata Dua (S-2) pada Universitas Mulawarman Nomor. 1272/D/T/K-N/2009 tertanggal Jakarta, 2 Maret 2009. Namun awal tahun 2016 diusulkan kembali menjadi nama semula di DIKTI secara online menjadi Manajemen Pendidikan.

Pada awalnya, PS-MMP ini berada di bawah payung Pasca Sarjana Universitas Mulawarman, sejak tahun 2016 PS-MMP berada di bawah payung FKIP Universitas Mulawarman (Unmul) karena disiplin ilmu berkaitan dengan ilmu pendidikan dan juga telah mempunyai program doktor Manajemen Pendidikan. PS-MMP bertujuan menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi sebagai tenaga ahli mengembangkan teori dan praktek yang inovatif dalam bidang manajemen pendidikan, sedangkan program doktor menghasilkan lulusan profesional yang memiliki kompetensi inovatif, menemukan dan mengkontruksi  teori dan praktek dalam bidang manajemen pendidikan.

Tujuan PSMMP

Strategi Pencapaian PSMMP

Menghasilkan calon pendidik yang bertaqwa, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, moral, dan etika, menghargai keberagaman, mampu bekerjasama (bersinergi), bertanggung jawab, dan mampu menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

  • Mengembangkan kurikulum yang memuat nilai-nilai agama, kemanusiaan, moral, dan etika.
  • Menitikberatkan sinergitas dan kolaborasi dari pada kompetisi terhadap mahasiswa dalam setiap pengajaran
  • Menanamkan semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan kepada mahasiswa.

Menghasilkan manajer dan supervisor pendidikan yang mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan konteks situasi kerja, dan mampu melakukan proses evaluasi terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya.

  • Melakukan benchmarking bersama mahasiswa di lembaga-lembaga pendidikan terbaik untuk menemukan “best practice” dalam melakukan “managing and supervising”.

Menghasilkan peneliti bidang manajemen pendidikan yang mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam penelitian ilmiah, penciptaan desain, kemudian mampu mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat, di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas (nasional dan internasional)

  • Menanamkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif kepada mahasiswa dalam melakukan penelitian.
  • Memperluas kerjasama di bidang penelitian baik secara nasional maupun internasional.